Sabtu, 24 Mei 2014

Cara Menambah RAM Android Dengan Partisi memory

Cara Menambah RAM Android Dengan Aplikasi di Android.


Ada cara yang dapat dilakukan pada smartphone Android (tidak semua) untuk meningkatkan kapasitas memori RAM. RAM(Random Access Memory) merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah perangkat komputasi. 

Komponen RAM berkerja secara berdampingan dengan processor, sebagai pendukung kinerja. Prinsip kerjanya, RAM merupakan tempat penyimpanan data sementara sebelum data masuk dan diolah oleh processor. Seringkali untuk beberapa smartphone Android kapasitas RAM yang ter-install relatif kecil. Kapasitas RAM yang terlalu penuh dapat berakibat ada tidak masimalnya kinerja sebuah smartphone.

Berbeda dengan komputer desktop/ laptop dimana kita dapat mengganti komponen RAM dengan yang berkapasitas lebih besar, komponen RAM pada smartphone tidak dapat diganti sesuka hati pengguna. Lalu bagaimana cara mengatasi RAM yang kepenuhan?

Cara Menambah RAM Android Dengan Aplikasi Swapper



Kita tidak dapat mengganti komponen RAM pada smartphone dengan komponen RAM yang lebih tinggi kapasitasnya, Salah satu cara menambah RAM Android adalah dengan menggunakan Memory Virtual. Prisip kerja memory virtual pada smartphone Android ini sama saja dengan Memory Virtual pada PC desktop/ laptop . Pada smarthphone Android kita akan menggunakan beberapa space pada memori eksternal untuk digunakan sebagai space tambahan RAM.Berikut langkah-langkah menggunakan Aplikasi RAM Swapper Android;
  1. Download dan Instal Aplikasi Swapper (DOWNLOAD:  atau sobat dapat mencari sendiri)
  2. Buka aplikasi Swapper yang sudah di-install    
  3. Aktifkan opsi Active Swap on Boot.
  4. Di bagian Swap File Position, pilihlah opsi SD Card FAT Partition.
  5. Di bagian Swap File Size, masukkan space yang sobat inginkan untuk digunakansebagai virtual memori, misalnya saja 1000MB.
  6. Simpan konfigurasi.
PENTING! Tidak semua perangkat Android mendukung Aplikasi Swapper ini. Ada beberapa device yang tidak support dengan Aplikasi Swapper ini dan dapat berakibat device menjadi brick. Jadi pastikan terlebih dahulu smartphone Android mendukung aplikasi Swapper.

Jika aplikasi Swapper masih belum cukup untuk meningkatkan kinerja RAM smartphone Android sobat, anda dapat mencoba opsi lainnya berikut ini:

Cara Menambah RAM Android dengan Aplikasi SD Booster


Untuk dapat menjalankan fungsi Swap RAM, SD card atau microSD yang digunakan haruslah microSD yang memiliki kualitas tinggi dimana nilai Write dan Read tinggi. Akan lebih baik jika sobat menggunakan paling tidak microSD class 10 dari merek yang terpercaya. Akan tetapi jika sobat tidak memiliki micoSD dengan kemampuan Read/ Write yang baik, sobat dapat mencoba aplikasi SD Booster. Aplikasi ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan SD card dengan cara menaikan kecepatan Write dan Read. Berikut cara mengkonfigurasi Aplikasi SD Booster:
  1. Download Aplikasi SD Booster, kemudian install (DOWNLOAD: atau sobat dapat mencari sendiri)
  2. Buka aplikasi SD Booster
  3. Pada isian Cache Size isikan nilai cache yang diinginkan. Nilai cache yang direkomendasikan adalah 1024 kb atau 2048 kb. Sedangkan nilai yang ditunjukkan di kolom Cache Size (Current) menunjukkan nilai cache yang digunakan saat ini.
  4. Check Set On Boot, fungsinya agar nilai cache tidak secara otomatis kembali ke awal setiap kali perangkat Anda mengalami restart.
Dan sekarang SD card sobat sudah siap. Oiya sobat, Aplikasi SD Booster ini juga sangat bermanfaat saat sobat bermain game, memainkan musik atau video dan lain sebagainya, karena aplikasi ini seperti yang kami bilang sebelumnya dapat meningkatkan kinerja SD card yang sobat miliki

Cara Menambah RAM Android dengan Juwe RAM Script 


Selanjutnya untuk semakin meningkatkan kinerja RAM yang sobat miliki, sobat Androbana dapat meng-install Juwe RAM Script. Untuk dapat menginstall script ini tentu saja Android sobat sudah terpasang folder init.D. Pengaplikasian script RAM ini sangat mudah yaitu:
  1. Download file Juwe RAM Script. ( DOWNLOAD atau sobat dapat mencari sendiri)
  2. Ekstrak file tersebut.
  3. Copy-kan file script tersebut ke folder init.D di folder System/etc.
  4. Ganti permission menjadi rwxr-xr-x.
  5. Reboot device Android sobat
  6. Tada.. Setelah langkah terakhir selesai dilakukan, seharusnya perangkat Anda bisa berjalan dengan lebih cepat. Anda bisa mengetesnya dengan memainkan game-game berat seperti game-game HD.
PENTING!Tidak semua device Android mendukung penggunaan script RAM ini

Jika sobat kesulitan meng-install Juwe RAM Script, sobat dapat mencoba aplikasi RAM Manager Pro yang lebih aman dan mudah tentunya. Itulah sedikit informasi mengenai bagaimana Cara Menambah RAM Android menggunakan aplikasi android swapper, Juwe Ram SCRIPT dan SD Booster. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar