Sabtu, 26 Oktober 2013

RINGKASAN MATERI KULIAH RAGAM BAHASA

RINGKASAN MATERI KULIAH RAGAM BAHASA INDONESIA

(ragam bahasa indonesia, karangan, pola kalimat, EYD dan tata bahasa, diksi dan gaya bahasa, pengembangan bahasa, satuan bentuk bahasa, peranan dan fungsi bahasa, asas2 menulis karangan ilmiah dan perencanaan karangan dan paragraf)
1.    RAGAM BAHASA INDONESIA
 Bahasa adalalah sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya.
v  Fungsi bahasa adalah :
1. Bahasa sebagai sarana komunikasi.
    Terdiri dari kemampuan gramatikal (kosakata, dialek/ragam, morfologi, sintaksis,   fonologi). Kemampuan pragmatik, kemampuan sosiolinguistik.
2. Untuk bersosialisasi dalam masyarakat dan lingkungannya dan lainnya
3. Untuk membangun kecerdasan dengan berpikir logis sehingga terciptanya   kreativitas untuk mengembangkan profesi.
v  Ragam bahasa, berdasarkan media yang digunakan:
1.    Ragam bahasa lisan: berpidato, berdiskusi, bertelepon.
Ragam bahasa lisan baku :  
Kosa kata Aisyah sedang bikin skripsi bentuk kata Aisyah sedang tulis skripsi
Ragam bahasa lisan tidak baku (pergaulan) :
Di sini akan membicarakan pertumbuhan ekonomi 2012
1.    Ragam bahasa tulis
Kosa kata Siti Aisyah sedang membuat skipsi bentuk  kata Siti Aisyah sedang menulis skripsi.
Dalam seminar ini kita akan mengkaji pertumbuhan ekonomi 2012.
Ragam bahasa lama lazim digunakan dalam penulisan naskah-naskah (kuno), sedangkan ragam bahasa baru ditandai dengan penggunaan kata-kata baru, Ejaan yang disempurnakan (EYD), dan mengekspresikan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
Ragam bahasa ilmiah adalah sarana verbal yang efektif, efisien, baik dan benar dengan menggunakan ragam bahasa tulis resmi.
1.    KARANGAN
Tema Karangan: Ide sentral di dalam karangan yang akan mampu mengikat keseluruhan uraian, deskripsi, penjelasan dan seluruh pembuktian di dalam konstruksi karangan  ilmiah yang bersangkutan.
Ide sentral: tema karangan akan mengontrol keseluruhan isi karangan. Keseluruhan konstruksi  karangan pasti akan dapat dikembalikan  kepada ide sentral. Bagi seorang penulis, tema karangan akan dapat menuntun dirinya agar dapat sampai pada akhir tulisan  secara tuntas.
Tema karangan yang baik bagi penulis adalah sesuai bidangnya. Bila penulis ingin mengkaji tema tertentu dalam sebuah karya tulis, pastikan bahwa tema itu memiliki data yang melimpah. Hal lain yang harus di penulis karya ilmiah bahwa ketersediaan teori harus benar-benar  dijamin oleh si penulis itu sendiri.
Untuk menentukan judul karangan Bisa di awal ketika akan menulis, bisa di tengah saat setelah memulai menulis, atau bahkan setelah penulis selesai menulis karangan. Selain itu harus setali dengan tema karangan, harus kelihatan benang merahnya, dan harus sesuai dengan isi karangan.
Kalimat tesis identik dengan tema karangan. Ibaratnya, kalimat tesis dalam sebuah karangan atau tulisan itu  kalimat utama atau kalimat  pokok paragraf,  sedangkan tema karangan identik dengan ide pokok karangan.
Tema     : Meningkatkan penjualan sepatu buatan dalam negeri
Tujuan   : Untuk menunjukkan bahwa sepatu buatan dalam negeri  dapat diupayakan  agar lebih diminati oleh konsumen
Tesis      : Sepatu buatan dalam negeri dapat ditingkatkan penjualannya dengan menambah daya saing agar lebih diminati konsumen.
Judul   : Sepatu Lokal, Kenapa Tidak?
Model berpikir ilmiah yang lazim digunakan  penulis:
1.    Model DAM-D:duduk perkara, alasan, misal duduk perkara.
2.    Model DSD: dahulu, sekarang, depan.
3.    Model PMHT : perhatian, minat, hasrat, tindakan.
4.    Model 5w+1h: What, who, when, where,  why, how.
5.    Model TAS: tesis, antitesis, sintesis.
6.    Model PIK: pendahuluan, isi, kesimpulan.
Tema    : Meningkatkan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi di SD/MI
Tujuan : Pembelajaran berbasis  Teknologi Informasi perlu diberikan kepada siswa SD/MI gua meningkatkan kualitas pembelajaran dan daya belajar yang lebih maksimal.
Tesis    : Teknologi Informasi sudah saatnya diajarkan kepada siswa SD/MI guna meningkatkan kualitas  pembelajaran dan memaksimalkan daya belajar para siswa.
Judul    :  Siswa SD/MI Perlu Belajar Teknologi Informasi.

1.    POLA KALIMAT
v  Struktur kalimat
Kalimat merupakan sarana komunikasi  untuk menyampaikan  pikiran atau gagasan  kepada orang lain agar dapat dipahami dengan mudah.
Struktur kalimat dibentuk berdasarkan unsur subjek, predikat, dan objek pelengkap serta keterangan. Sebuah kalimat sekurang-kurangnya terdiri atas subjek dan predikat. Selain itu, kalimat harus lengkap, tidak berupa anak kalimat atau penggabungan anak kalimat.
Contoh :
Dalam rapat menegaskan bahwa bisnis adalah usaha komersial untuk  mendapatkan uang, barang, dan pelanggan.
a. Rapat menegaskan bahwa bisnis adalah  usaha komersial untuk mendapatkan uang,  barang dan pelanggan.
b. Dalam rapat ditegaskan bahwa bisnis adalah usaha komersial untuk mendapatkan uang, barang dan pelanggan.
Ketetapan urutan frasa Urutan kata, frasa, atau klausa dalam sebuah kalimat yang menggambarkan proses harus disusun secara logis.
—  Dalam kerjanya mereka mengerjakan  laporan kegiatan dan menyusun perencanaan kemudian melaksanakan.
—  Mereka menyusun rencana kerja, melaksanakan, dan melaporkan hasil pelaksanaannya.
Ketetapan hubungan antar kalimat
—  Gadis itu cantik. Tambahan pula ia kaya.
—  Gadis itu cantik. Tambahan pula  ia pandai berhias.
—  Gadis itu cantik. Ia pun pandai berhias.
Pola kalimat dasar sekurang-kurangnya terdiri  atas subjek (S), dan predikat (P).
Pola kalimat dasar mempunyai ciri-ciri:
a. berupa kalimat tunggal (satu S, satu P, satu O, satu Pel dan satu K).
b. Sekurang-kurangnya terdiri dari satu subjek (S) dan satu predikat (P).
c. Selalu diawali dengan subjek.
d. berbentuk kalimat aktif
e. unsur tersebut ada yang berupa kata, dan ada yang berupa frasa
f. dapat dikembangkan menjadi kalimat luas dengan memperluas subjek, objek dan keterangan.
—  Contoh kalimat dasar : Para mahasiswa sedang mendiskusikan tugas  kelompok
—  Contoh kalimat  luas : Kami yang mengharapkan  kedamaian di Aceh selalu berdiskusi tentang  masalah ini.
v  Pola kalimat majemuk
Pola Kalimat Majemuk Setara
—  Pola kalimat majemuk  terdiri dari kalimat setara dan bertingkat.
—  Masing-masing mempunyai karakter yang berbeda.
—   Kalimat majemuk setara  bersifat koordinatif, tidak saling menerangkan.
—  Kalimat majemuk setara ada empat macam.
a. Setara gabungan menggunakan kata dan, serta.
b. Setara pilihan  menggunakan kata atau.
c. Urutan menggunakan kata  lalu, lantas, kemudian.
d. Setara perlawanan menggunakan tetapi
Contoh kalimat majemuk :  Dosen menerangkan kalimat majemuk dan mahasiswa mendengarkannya dengan cermat.
Contoh kalimat majemuk setara : Mahasiswa itu mengharapkan nilai ujian yang tinggi, tetapi malas belajar.
Kalimat majemuk bertingkat
Kalimat  majemuk bertingkat disusun berdasarkan  jenis anak kalimatnya. Kalimat majemuk bertingkat ada delapan macam.
1.    Anak Kalimat keterangan waktu menggunakan  kata: ketika, waktu, saat, setelah, sebelum.
2.    Anak kalimat keterangan sebab, menggunakan kata: sebab, lantaran, karena.
3.    Anak kalimat hasil (akibat) menggunakan kata: hingga, sehingga, akhirnya.
4.    Anak kalimat  keterangan mengunakan kata: jika, apabila, kalau, andaikata
5.    Anak kalimat tujuan menggunakan kata: agar, supaya, demi, untuk, guna.
6.    . Anak kalimat cara menggunakan  kata : dengan dalam.
7.    Anak kalimat posesif menggunakan kata: meskipun, walaupun, biarpun.
8.    Menggunakan pengganti nomina menggunakan kata:  bahwa.
v  Kalimat majemuk gabungan setara dan bertingkat
Bangsa Indonesia bekerja keras mengejar ketertinggalan ekonomi setelah krisis  politik berkepanjangan dan krisis keamanan mulai membaik.

1.    EJAAN YANG DISEMPURNAKAN (EYD) DAN TATA BAHASA INDONESIA
v Ejaan Van Ophuijsen : Ejaan bahasa Melayu dengan huruf Latin pada 1901
Ciri:
Huruf j untuk menuliskan kata-kata: jang, pajah, sajang.
Huruf oe untuk menuliskan kata-kata goeroe, itoe, oemar.
Tanda diakritik seperti koma ain atau di atas dan tanda trema, untuk menuliskan   kata-kata ma’moer, ‘akal, ta’, pa’, dinamai’
v  Ejaan Soewandi (ejaan republik) :  19 Maret 1947 di diresmikan menggantikan ejaan van Ophuijsen.
Ciri-ciri :
1.    Huruf oe diganti u, seperti guru, itu, umur.
2.    Bunyi hamzah dan bunyi sentak  ditulis dengan k, seperti pada kata-kata  tak, pak, maklum, rakjat.
3.    Kata ulang boleh ditulis dengan angka2, seperti anak2, ber-jalan2, ke-barat2-an.
4.    Awalan di- dan kata depan di kedua-duanya ditulis serangkai dengan kata  yang mengikutinya, seperti kata depan dirumah,  dikebundisamakan dengan imbuhan di- padaditulis, dikarang.
v  Ejaan melindo : Pada akhir 1959 sidang perutusan  Indonesia dan Melayu (Slametmulyana ketua tim Indonesia) dan Syeh Nasir bin Ismail (Malaysia) Ketua, menghasilkan konsep ejaan bersama  yang kemudian dikenal dengan nama  Ejaan Melindo (Melayu Indonesia.
Namun perkembangan politik dan psaang surut hubungan kedua negara mengurungkan peremian ejaan ini.
EYD Diresmikan oleh Presiden RI pada 16 Agustus 1972 pemakaian Ejaan Bahasa Indonesia, dengan Putusan Presiden No 57 Tahun 1972.
Terbit buku kecil berjudul Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan, sebagai patokan  pemakaian ejaan.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 12 Oktober melalui Panitia Pengembangan Bahasa Indonesia (Ketua Amran Halim) menyusun buku Pedoman Umum  Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Isinya: paparan kaidah ejaan yang lebih luas.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan surat  keputusan No 0196/1975 memberlakukan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah.
—  Beberapa hal yang perlu diketahui EYD:
1.    1.      Perubahan Huruf: 
Ejaan Soewandi:          EYD
dj jalan, djauh              jalan, jauh
j  pajung, laju               payung, layu
nj njonja, bunji            nyonya, bunyi
sj isjarat, masjarakat     isyarat, masyarakat
tj tjukup, tjutji             cukup, cuci
ch tarich, ach               tarikh, akhir        
1.    2.      unsur pinjaman abjad asing diresmikan
f  maaf,  fakir
v  valuta, universitas
z  zeni, lezat
1.    3.      Penulisan di- atau ke-sebagai kata depan dibedak
 di (awalan)                     di (kata depan)
ditulis                            di kampus
dibakar                          di jalan 
1.    4.      Kata ulang ditulis penuh dengan huruf, tidak boleh digunakan  angka 2
Contoh : jalan-jalan, meloncat-loncat.
v  Pemakaian tanda baca
—  A. Tanda Titik (.)
—  B  Tanda Koma (,)
—  C Tanda Titik Koma (;)
—  D Tanda Titik Dua (:)
—  E Tanda Hubung (-)
—  F Tanda Pisah (-)
—  G Tanda Tanya (?)
—  H Tanda Seru (!)
—  I Tanda Elipsis (…)
—  J Tanda Petik  (“ “)
—  K Kata Petik Tunggal (‘ ‘)
—  L Tanda Kurung (())
—  M Tanda Kurung Siku  ([])
—  N Tanda Garis Miring (/)
—  O Tanda Penyingkat atau Apostrop (‘)
v  Penulisan unsur serapan
Indonesia, seperti reshuffle, shuttle cock dan de l’homme par I’homme.
Unsur-unsur tersebut  dipakai dalam konteks bahasa Indonesia, tetapi cara pengucapan dan penulisannya masih mengikuti  cara asing.
Kedua, unsur  asing yang penulisan dan pengucapannya disesuaikan dengan  kaidah bahasa Indonesia. Dalam hal ini , diusahakan ejaannya disesuaikan dengan Pedoman Umum Pembentukan Istilah Edisi Ketiga  agar bentuk  Indonesiannya masih dapat dibandingkan dengan bentuk aslinya.

1.    DIKSI DAN GAYA BAHASA
Gaya bahasa itu ditentukan oleh ketepatan dan kesesuaian pilihan kata, kalimat,
paragraf atau wacana menjadi efektif jika diekspresikan dengan gaya bahasa yang tepat. Gaya resmi, dapat membawa pembaca /pendengar ke dalam suasana serius dan penuh perhatian. Suasana tidak resmi mengarahkan pembaca/pendengar  ke dalam situasi rileks tetapi efektif. Gaya percakapan membawa suasana ke dalam situasi realistis.
 Diksi adalah ketepatan pilihan kata. Pada dasarnya diksi atau pilihan kata adalah hasil dari upaya memilih kata tertentu untuk dipakai dalam kalimat, alinea atau wacana. Pemilihan kata akan dapat dilakukan bila tersedia sejumlah kata  yang artinya hampir sama atau mirip. Pemilihan kata bukanlah sekadar kegiatan memilih kata yang tepat, melainkan juga memilih kata yang cocok. Dalam memilih kata diperlukan analisis dan pertimbangan tertentu.
Contoh: kata mati   bersinonim dengan kata mampus, meninggal,
v  Pengertian Kata: Gorys Keraf
Tersirat:  dalam sebuah kata  itu mengandung makna bahwa tiap kata mengungkapkan sebuah gagasan atau sebuah ide.
v  Diksi menurut Gorys Keraf:
Pilihan kata atau diksi mencakup pengertian kata-kata mana yang dipakai untuk menyampaikan suatu  gagasan, bagaimana membentuk pengelompokan kata-kata  yang tepat atau menggunakan ungkapan-ungkapan yang tepat, dan gaya mana yang paling baik digunakan dalam suatu situasi.
Pilihan kata atau diksi  adalah kemampuan membedakan  secara tepat nuansa-nuansa makna  dari gagasan yang ingin disampaikan, dan kemampuan untuk  menemukan bentuk yang sesuai (cocok) dengan situasi dan nilai rasa yang dimiliki kelompok masyarakat pendengar.
v  Perbendaharaan kata
Disebut pula kosa kata suatu bahasa adalah keseluruhan  yang dimiliki oleh sebuah bahasa.
Makna Kata: Kata sebagai satuan dari perbendaharaan kata sebuah bahasa mengandung dua aspek, yaitu aspek  bentuk atau ekspresi dan aspek isi atau makna.
gadis-gadis manis, dara-dara manis, perawan-perawan manis.
Ketiga kata tersebut mengandung referensi yang sama untuk referen yang sama yaitu wanita yang masih muda.
v  Makna denotatif
Kata yang tidak mengandung makna  atau perasaan-perasaan tambahan atau arti sebenarnya  disebut kata denotatif atau maknanya disebut makna denotatif,
Contoh:
Rumah itu luasnya  400 meter persegi.
v  Makna konotatif
Makna  kata yang mengandung arti tambahan, perasaan tertentu  atau nilai rasa tertentu  di samping makna dasar  yang umum, dinamakan makna konotatif atau konotasi. Dari contoh terdahulu,  kata gadis bersifat denotatif, karena mengacu pada sejenis makhluk tertentu  tanpa suatu penilaian tambahan, sedangkan kata dara dan perawan di samping mengacu kepada sejenis makhluk tersebut, mengandung nilai tambahan pula.
v  Kamus Besar Bahasa Indonesia
Untuk mengetahui dan memahami arti kata beda kita bisa membuka KBBI terbitan Balai Pustaka 1993 dan kamus yang terbaru. beda: tidak sama.
v  Tesaurus
Tesaurus merupakan khazanah kata yang disusun menurut sebuah sistem tertentu, terdiri dari gagasan- gagasan yang mempunyai pertalian timbal balik sehingga setiap pemakai dapat memilih istilah atau kata yang ada di dalamnya (Keraf, 1988:69)
v  Syarat ketepatan pemilihan kata
1.    Dapat membedakan antara denotasi dan konotasi
2.    Dapat membedakan kata –kata yang hampir bersinonim
3.    Dapat membedakan kata-kata yang hampir mirip ejaannya
4.    Dapat memahami dengan tepat makna kata –kata abstrak
5.    Dapat memakai kata penghubung yang berpasangan secara tepat
Contoh: Antara hak dan kewajiban pegawai harus berimbang
1.    Dapat membedakan kata-kata yang umum dan kata-kata  yang khusus.

1.    PENGEMBANGAN PARAGRAF
v Paragraf pengantar dan pembuka
Pengantar ini berfungsi untuk memberitahukan latar belakang masalah, tujuan, anggapan dasar. Pengantar yang baik  akan berhasil  mengetuk hati dan memperoleh  simpati, menggugah minat dan gairah orang lain untuk  mengetahui lebih banyak.   Fungsi paragraf pengantar adalah menunjukan ide pokok yang mendasari karangan yang dibahas.
Membuat paragraf pembuka untuk menarik minat pembaca penulis dapat melakukan berbagai upaya yang dapat dipilih dan dirasa tepat dalam berbagai hal.
v  Paragraf pengembang yaitu paragraf  yang berfungsi  menerangkan atau  menguraikan gagasan pokok karangan.
v  Paragraf penutup Fungsi:
1.    Sebagai penutup, menyatakan bahwa  karangan sudah selesai. Komunikasi melalui karangan yang dibacanya telah ditutup, namun semangat yang besar dan segar diharapkan terus berlanjut.
2.    Mengingatkan (menegaskan) kepada pembaca akan pentingnya pokok pembahasan.
3.    Memuaskan pembaca untuk mendapat pandangan baru.
4.    Menyajikan simpulan.

1.    SATUAN BENTUK BAHASA
v  Bentuk dan makna
—  Fonem: Satuan bunyi terkecil yang dapat membedakan makna. Yang dapat membedakan  arti kata  jahat dan jahit adalah bunyi  /a/ yang dilambangkan dengan huruf a dan bunyi /i/ yang dilambangkan dengan huruf i. Bunyi /a/ dan bunyi /i/ disebut fonem /a/ dan fonem /i/ .
—  Morfem: Satuan  bentuk terkecil  yang dapat membedakan  makna dan atau mempunyai makna . Wujud morfem dapat berupa imbuhan,  partikel, dan kata dasar (-an, -lah, -kah, ).
—  Bentuk dan makna morfem
1. Morfem bebas : Yang dapat berdiri sendiri dari segi makna tanpa harus  dihubungkan dengan morfem yang lain.  Semua kata dasar tergolong  sebagai morfem bebas.
2. Morfem terikat: Yang tidak dapat berdiri sendiri dari segi makna. Makna ini baru jelas  setelah morfem itu digabungkan  dengan morfem yang lain.
3. Semua imbuhan (awalan, sisipan, akhiran, kombinasi awalan dan akhiran), tergolong sebagai morfem terikat.
•    Kata : Satuan  bentuk  (dari kalimat) yang dapat berdiri sendiri dan mempunyai makna. Kata-kata yang dibentuk  dengan menggabungkan  huruf atau menggabungkan morfem , baru bisa diakui sebagai  kata bila bentukan itu mempunyai makna.
•    Arti Leksikal: Arti  yang tertera dalam kamus, arti lepas tanpa dipengaruhi oleh  konteks atau  situasi. Misalnya kursi= tempat duduk.
1.    Kata yang bermorfem tunggal: Disebut juga kata dasar, atau kata yang tidak berimbuhan.
2.     Kata yang bermorfem banyak.
•     Hasan Alwi 1988 Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, mengelompokkan  kata ke dalam lima jenis :
1. Verba (kata kerja)                           3. Adverbia (kata keterangan)
2. Ajektiva (kata sifat)                                    4. Rumpun kata benda, yang beranggotakan
                                                         (i) Nomina (kata benda/kata nama)
   (ii) Pronomina (kata ganti)
         (iii) Numeralia (kata bilangan)
5. Rumpun kata tugas, yang beranggotakan:
(i) Preposisi (kata depan)                                      (iii) Interjeksi (kata seru)
(ii) Kongjungsi/kongjungtor (kata sambung)        (iv) Artikel (kata sandang)
 (v) Partikel penegas.
•    Kata kerja atau verba adalah kata yang menyatakan perbuatan atau tindakan, proses, dan keadaan yang bukan merupakan sifat  atau  kualitas.
•    Bentuk kata kerja atau verba
1.    Verba redulikasi atau verba berulang.
     Misal: makan-makan, batuk-batuk, berlari-lari, tembak menembak.
b. Verba majemuk, yaitu verba yang terbentuk melalui  proses penggabungan kata,    yang tidak  membentuk idiom.
    Contoh: terjun payung, temu wicara, tatap muka, mengambinghitamkan.
c. Verba berpreposisi, yaitu verba intransitif yang selalu diikuti  oleh preposisi   tertentu, misalnya tahu akan, berdiskusi tentang, cinta pada,  sejalan dengan,  terdiri  dari, menyoal atas, tergolong sebagai.
•    Kata sifat atau ajektiva adalah kata yang berfungsi sebagai atribut  bagi nomina (orang, binatang, atau benda lainnya).
1. ajektiva bertaraf: yaitu ajektiva yang mengungkapkan suatu kualitas.
2. ajektiva tak tak bertaraf: ajektiva yang mengungkapkan keanggotaan dalam suatu golongan.
—  Kata keterangan (adverbia) adalah kata yang menerangkan verba ajektiva, nomina, adverbia lain, frasa preposisional dan juga seluruh kalimat. Letak kata keterangan ini dapat mendahului atau mengikuti kata yang diterangkan.
—  Frasa adalah kelompok kata yang  tidak mengandung  predikat dan belum membentuk  klausa atau kalimat.
—  Klausa adalah kelompok kata yang mengandung subjek (s) dan predikat (p). Berarti, meskipun kalimat tunggal, pasti mempunyai klausa karena kalimat tunggal adalah kalimat yang terdiri dari satu  S dan satu P.

1.    PERANAN DAN FUNGSI BAHASA
•    Bahasa adalah suatu sistem lambang bunyi  ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya.
Menurut Mahmudan dan Ramlan, Bahasa: Alat komunikasi antar anggota masyarakat.
Menurut Gorys Kerap, Bahasa: adalah suatu sistem lambang bunyi  ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya.
Bahasa mencakup 4 hal sebagai suatu sistem :
1.    Sistem lambang bunyi yang arbiter/kesepakatan, digunakan secara berulang-ulang dan tetap.
2.    Alat komunikasi, dapat dipakai untuk mengekspresikan  atau mengungkapkan perasaan, mewakili keinginan, harapan dan bahkan impian.
3.    Simbol bunyi yang memiliki arti serta makna
4.    Digunakan oleh masyarakat untuk berinteraksi.
•    Bahasa: adalah alat  komunikasi yang bersifat  arbiter dan konvensional, merupakan lambang bunyi.
Ciri-ciri bahasa:
1. Bahasa itu sebuah sistem
2. Bahasa itu berwujud lambang
3. Bahasa itu berupa bunyi
Asal bahasa :
ž  Berasal dari bahasa Melayu, yang dalam perkembangan berikutnya mendapat serapan dari bahasa-bahasa daerah dan bahasa asing.
ž  Bahasa Indonesia termasuk  kelompok Melayu Polinesia Barat.
Bahasa melayu diakui sebagai bahasa indonesia. Yang termasuk  Melayu Polinesia Barat ialah  melayu Polinesia Filipina dan Indonesia Barat. Bahasa Melayu adalah bahasa kebudayaan tingkat  tinggi yang tercatat dalam peningalan historis  pada banyak peninggalan sejarah. Bahasa Melayu secara politis diterima oleh banyak suku  di Indonesia, terutama suku bangsa besar seperti Jawa dan Sunda.
Kedudukan bahasa Indonesia  sebagai bahasa nasional dimungkinkan oleh kenyataan bahwa bahasa melayu yang mendasari bahasa Indonesia itu, telah diakui sebagai lingua franca (bahasa pergaulan) selama berabad-abad di seluruh kawasan Nusantara.
Sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia  berfungsi sebagai:
1. Bahasa resmi kenegaraan.
2. Bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan.
3. Bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat  nasional untuk                                                                                                 kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan  serta pemerintahan.
4. Bahasa resmi dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.
I. ASAS-ASAS MENULIS KARANGAN ILMIAH DAN PERENCANAAN KARANGAN
v  Asas menulis karangan
1.    Kejelasan (Clarity), Karangan ilmah harus konkret dan jelas, mudah dipahami, mudah dibaca serta tidak memberi ruang untuk disalahtafsirkan, tidak boleh bersifat samar-samar. Tidak boleh kabur, tidak boleh ada wilayah abu-abu (tidak jelas) alias gamblang.
2.    Ketepatan (accuracy), Karangan ilmiah menjunjung tinggi keakuratan atau ketepatan. Hasil penelitian ilmiah dan cara penyajian hasil penelitian itu harus tepat dan akurat. Maka penulis dan atau peneliti harus  sangat cermat, sangat teliti, tidak boleh sembrono atau ‘main-main dengan ilmu’.
3.    Keringkasan (brevity), Karangan ilmiah harus ringkas. Ringkas tidak sama dengan pendek. Karangan setebal 500 halaman dapat dikatakan ringkas  sejauh  isinya tidak terdapat bentuk-bentuk kebahasaan yang bertele-tele, kalimat yang bertumpukan, sarat dengan kemubaziran dan kerancuan.
v  Perencanaan karangan
Proses Kreatif :
1.    Tahap persiapan yaitu mengumpulkan informasi, merumuskan masalah, menentukan arah dan fokus penulisan, mengamati objek yang akan ditulis dan memperkaya pengalaman kognitif untuk proses selanjutnya.
2.    Tahap inkubasi atau pendadaran  yaitu proses logis dengan memanfaatkan seluruh informasi  yang dikumpulkan dari sebab ke akibat atau dari tesis-antitesis sampai dengan sintesis yang merupakan pemikiran sinergis-kreatif.
3.    Tahap iluminasi atau kejelasan yang ditandai dengan adanya inspirasi pemecahan masalah .
4.    Tahap verifikasi  yaitu mengevaluasi, memeriksa kembali, atau menyeleksi seluruh tahapan, dan menyusunnya kembali sesuai dengan fokus tujuan penulisan.
Menentukan jenis karangan
•    Makalah, Makalah biasa dan makalah posisi. Makalah biasa cenderung bebas, tidak terikat oleh posisinya sebagai mahasiswa, profesi, keahlian atau  posisi lain. Makalah posisi yakni makalah yang ditulis berdasarkan posisi penulisnya.
Jenis karangan, sistematika makalah. Judul, abstrak, pendahuluan, pembahan isi, kesimpulan, daftar pustaka.
—  Artikel Jurnal adalah karangan ilmiah dalam bidang  ilmu tertentu  yang diterbitkan dalam sebuah jurnal  yang khusus menerbitkan bidang kajian ilmu tersebut.
—  Proposal adalah karangan ilmiah yang berisi rancangan kerja. Proposal mempunyai beberapa jenis.
1. Proposal Skripsi mahasiswa.
2. Proposal penelitian: rancangan kerja penelitian yang didanai oleh suatu lembaga.
3. Proposal kerja sama untuk melakukan suatu kegiatan yang didanai oleh sponsor.
Susunan Proposal:
1.    Judul kegiatan                   f. Hipotesis
2.    Latar belakang                  g. Metode penelitian
3.    Tujuan penelitian              h. Jadwal kegiatan
4.    Tinjauan pustaka              i. Daftar pustaka
5.    Landasan teori
—  Laporan Ilmiah Berbentuk Naskah.
      Laporan adalah penyampaian informasi yang ditulis secara lengkap, jelas, sistematis, objektif dan tepat waktu  oleh seorang kepada  orang lain atau pejabat.
    Laporan berfungsi informatif pertanggungjawaban, pengawasan atau pengambilan keputusan.

1.    PARAGRAF
Paragraf= Karangan mini
Paragraf : Satuan bahasa tulis  yang terdiri  dari beberapa kalimat. Kalimat-kalimat dalam paragraf  harus disusun  secara runut dan sistematis sehingga dapat dijelaskan hubungan antara kalimat  yang satu dan kalimat  lainnya dalam paragraf itu.
Sesungguhnya sebuah paragraf  harus mengemban ide  ide pokok atau ide utama . Tanpa ide pokok  atau ide utama yang jelas demikian itu, sebuah paragraf pasti tidak memiliki kendali. Ide utama harus ditempatkan pada posisi yang jelas sehingga pengembangan terhadap ide utama itu akan mudah dilakukan. Penempatan ide utama yang jelas tersebut sekaligus juga  akan menentukan jenis tulisan  atau karangan  yang akan  diemban oleh paragraf.
Ciri-ciri paragraf :
1. Kalimat pertama bertakuk ke dalam lima ketukan spasi untuk jenis karangan biasa, misalnya surat
2. Paragraf menggunakan pikiran utama (gagasan utama) yang dinyatakan dalam kalimat topik.
3. Setiap paragraf menggunakan  sebuah kalimat  topik dan selebihnya  merupakan kalimat pengembang
1.    Paragraf menggunakan pikiran penjelas (gagasan penjelas) yang dinyatakan dengan kalimat penjelas.
Ihwal paragraf
Dalam karangan yang panjang, paragraf mempunyai arti dan fungsi yang penting. Dengan paragraf itu pengarang dapat mengekspresikan keseluruhan gagasan secara utuh, runtut, lengkap, menyatu,  dan sempurna. Bahkan paragraf dapat mendinamisasikan sebuah karangan sehingga  menjadi lebih hidup, dinamis dan energik.
Fungsi paragraf
1.    Mengekspresikan gagasan tertulis dengan memberi bentuk suatu pikiran  dan perasaan ke dalam serangkaian kalimat yang tersusun secara logis, dalam satu kesatuan.
2.    Menandai peralihan (pergantian) gagasan baru bagi karangan yang terdiri beberapa paragraf, ganti paragraf berarti ganti  pikiran.
3.    Memudahkan pengorganisasian gagasan bagi penulis, dan memudahkan pemahaman bagi pembaca.
4.    Memudahkan pengembangan topik karangan ke dalam satuan-satuan unit pikiran yang lebih kecil
5.    Memudahkan pengendalian variabel terutama karangan yang terdiri atas  beberapa variabel.
Ide utama atau gagasan utama yaitu topik yang dikembangkan menjadi sebuah paragraf. Ide utama atau ide pokok  itu dinyatakan dalam kalimat topik. Dalam paragraf pikiran utama berfungsi sebagai pengendali keseluruhan paragraf.
Jenis paragraf
Kalimat Topik atau Ide Utama pada awal paragraph. Isi kalimat ini berupa: penjelas, uraian, analisis, contoh-contoh, keterangan atau rincian kalimat topik. Paragraf diakhiri kalimat topik dan diawali dengan kalimat penjelas. Artinya paragraf ini menyajikan  kasus khusus, contoh, penjelasan, keterangan atau analisa lebih dahulu, barulah  ditutup dengan kalimat topik.
Syarat paragraf yang baik adalah paragraf  yang benar-benar tuntas dari dimensi penjabaran atau pemaparan ide pokoknya.
Ada tiga prinsip  yang harus dikuasai, yaitu: 1) Prinsip Kesatuan Pikiran, 2) Prinsip Ketuntasan Pemaparan, dan 3) Prinsip Keruntutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar